Rahasia Sukses

Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.
Mazmur 1:1-3.

Renungan Harian – Apabila berbicara tentang kata “sukses” tidak seorangpun para ahli atau motivator memberikan definisi yang sama. Di antara sekian banyak buku-buku yang pernah saya baca tentang kiat-kiat sukses umunya mereka hanya memiliki kesamaan dalam hal menyemangati, namun pada giliran menyebut seseorang itu sukses atau gagal berbeda-beda. Sebut saja misalnya seorang yang amat berjasa di bidang elektronisasi dunia Thomas Alva Edison. Pada saat mengalamai ribuan kali melakukan experimen atau percobaan-percobaan yang gagal, tidak pernah walau sekalipun menyebut bahwa dia gagal, malahan selalu mengatakan bahwa semua pengalamanya itu menggiring dia mencapai kesuksesan. Ini sungguh benar dan tidak seorangpun yang dapat menyangkal. Apalagi hasil jerih lelahnya dinikmati semua orang sepanjang zaman.

Maka, jauh sebelum para pakar, akhli-akhli, motivator, konsultan, teknokrat termasuk semua ilmuwan lainya menuangkan pengetahuan mereka agar menjadi penuntun keberhasilan, Alkitab telah lebih dahulu mendefinisikan “sukses” yang sebenarnya dan sekaligus menguraikan bagaimana mencapainya.

Semua orang dalam kapasitas apapun pasti mengakui bahwa seseorang disebut sukses, apabila “apa saja yang diperbuatnya berhasil.” Bukankah ini dikutip dari ayat di atas! Akan tetapi jangan jadi terkecoh lalu menerapkannya secara menyeluruh, sehingga perampok yang berhasilpun disebut juga sukses. Harus selalu diingat dan diperhatikan apa yang berulang-ulang diingatkan melalui renungan ini bahwa Firman Tuhan harus dipahami dan diamalkan satu paket. Istilah theologianya disebut konteks. Barulah itu nyata sebagai penjernih pikiran dan penyejuk jiwa.

Ibarat pekerjaan “bedah buku” yang sering menjadi istilah penulis, mari kita gunakan untuk menganalisa ayat firman Tuhan di atas, “apa saja yang diperbuatnya berhasil” ini adalah anak kalimat setelah lebih dulu dianalogikan dengan, “pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya.” Perbandingan inipun sudah merupakan bagian dari kontekstualisasi, mengingat kitab Mazmur ditulis dan ditujukan pertama kali kepada bangsa Israel yang hidup sebagai petani. Yang namanya petani tahu persis bagaimana satu pohon jika di tanam di tepi aliran air, karena itulah pekerjaan mereka sehari-hari. Bagi mereka analogi ini sangat mengena dan mudah dipahami, berbeda dengan kita yang hidup di kota apalagi anak-anak yang tidak tahu menahu lagi  bercocok tanam.

Akan tetapi, yang mau ditekankan sesungguhnya adalah kalimat-kalimat sebelumnya agar keberhasilan yang dimaksud menjadi kenyataan dalam kehidupan. Inilah yang diuraikan secara lengkap  karena memang telah mencakup seluruh ruang lingkup pekerjaan setiap orang kapan saja dan di mana saja dia berkarya. Mari kita lihat dengan seksama. Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,…sampai di sini masih tanda baca koma. Maksudnya adalah, apapun yang menjadi pekerjaan seseorang di dunia dalam arti profesi, mulai dari pemulung misalnya sampai ke Istana semuanya hanya berkisar di tiga kategori tersebut saat beraktivitas yakni, berjalan, berdiri dan duduk. Jadi apabila anda melakukan tugas sesuai profesi, dan sementara melakukanya harus berjalan, berdiri atau duduk, kemudian taurat TUHAN lah yang mendasari pikiran anda saat beraktivitas, maka anda pasti berhasil. Percayalah!

Pada renungan berikut kita akan melihat bagaimana orang-orang sukses menyaksikan pengalaman mereka sebagai pendorong semangat, ternyata semuanya bersumber dari Firman Tuhan.

error: Content is protected !!