Kenikmatan Yang Menyiksa

Jangan melihat kepada anggur, kalau merah menarik warnanya, dan mengilau dalam cawan, yang mengalir masuk dengan nikmat, tetapi kemudian memagut seperti ular, dan menyemburkan bisa seperti beludak. Lalu matamu akan melihat hal-hal yang aneh, dan hatimu mengucapkan kata-kata yang kacau. Engkau seperti orang di tengah ombak laut, seperti orang di atas tiang kapal. Engkau akan berkata: “Orang memukul aku, tetapi aku tidak merasa sakit. Orang memalu aku, tetapi tidak kurasa. Bilakah aku siuman? Aku akan mencari anggur lagi.” Amsal 23:31-35

Penyejuk Jiwa – Akhir-akhir ini departemen terkait di Indonesia cukup direpotkan oleh kejadian-kejadian yang  menimpa para usia muda dengan semakin bertambahnya korban meninggal dunia setiap hari, akibat minuman keras (miras). Tidak lewat sepekan media-media sosial selalu diwarnai dengan berita tewasnya sekelompok orang muda karena meneguk minuman beralkohol. Yang membuat kita tidak habis pikir, begitu terang benderangnya setiap berita mengungkap penyebab kematian karena minuman keras dan oplosan lagi, tidak lama kemudian tetap diulangi oleh kelompok lain dan mati juga. Kadangkala timbul dalam pemikiran, apakah ada oknum tertentu sekarang ini merasa penduduk dunia sudah terlalu banyak sihingga ingin menguranginya dengan membunuh diri sendiri. Memang geli rasannya mengatakan hal seperti ini, namun menjadi tersirat karena didorong oleh melihat kebodohan orang-orang yang mengulang-ulangi menjatuhkan diri ke lobang yang sama, padahal sudah tahu resikonya. Kasihan mereka yang ditinggalkan apakah itu orang tua maupun sanak keluarga, karena biar bagaimanapun penyebab kematian seseorang,  namanya dipisahkan oleh maut pasti menggoreskan duka.

Untuk menghindari malapetaka seperti itulah kita semua perlu merenungkan nasehat Firman Tuhan melalui Amsal 23:31-35 di atas.

Di satu senja yang cerah, seorang pria usia lanjut berjalan-jalan di satu taman tempat berolah raga yang sengaja disediakan oleh pemerintah setempat di Detroit, Michigan. Saat dia mengelilingi taman itu sembari berkeringat dia memperhatikan di satu pojokan, ada sebuah mobil sedan sedang berhenti dengan kap mesin yang terbuka. Kelihatan seorang pemuda sedang mengutak atik bagian mesin namun tak kunjung menemukan kerusakan. Dengan rasa simpati si orang tua menawarkan jasa untuk membantu, namun ketika pemuda itu menoleh, dia tidak merespon karena merasa ragu bahwa orang setua itu tidak mungkin mengerti tentang mobil. Kemudian tanpa ada rasa tersinggung orang tua itupun kembali meneruskan olah raganya dengan melanjutkan beberapa putaran, namun dia tetap melihat bahwa mobil yang sedang mogok itu tak kunjung teratasi. Tanpa rasa gengsi didorong oleh rasa tidak sabar dia mendekati pemuda itu dan menepuk pundaknya seraya mengatakan, “Anak muda percayakan kepadaku, sesungguhnya mobilmu ini hanya sedikit kesalahan teknis.” Mengingat rasa letih ditambah dengan tangan yang sudah menghitam, pemuda itupun akhirnya menyerah, dengan mengatakan, “silahkan pak!” Orang tua itu merintahkan orang muda agar menstater mobilnya, yang ternyata masih ada bunyi seperti biasanya mobil di stater walaupun belum bisa hidup. Hanya mendengar bunyi itu orang tua meminta obeng kecil dan dia mengarahkan tanganya ke satu pojok mesin sambil memutar-mutar sedikit. Setelah itu si orang tua kembali memeritahkan agar mobil dihidupkan dan langsung rrrrrrnnnnn hidup. Dengan rasa heran bercampur malu si pemuda bertanya kepada orang tua yang menolong dia, sebagaimana lazimnya orang berkenalan, dan orang tua itupun memperkenalkan dirinya, “Sayalah Henry Ford, pencipta mobil ini sehingga saya tahu kebutuhanya demikian juga dengan permasalahanya.

Inilah poin penting dari renungan kali ini. Allah pencipta manusia, maka Dialah yang tahu kebutuhan jasmani ini, termasuk hal-hal yang diperlukan untuk memperbaiki. Demikian juga unsur-unsur yang membahayakan tubuh ini Tuhan tau, itu sebabnya Dia memberikan petunjuk dalam Firman-Nya termasuk perihal makanan dan minuman,  yang amat menentukan bagi kesehatan jasmani kita. (bersambung)…

error: Content is protected !!