Camkan Dan Renung-Renungkan!

Beginilah firman TUHAN: “Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya, tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN.” Yeremia 9:23,24

Barangkali  masih segar dalam ingatan kita pada renungan harian sebelumnya, hasil survei yang diadakan oleh  Zachary Green dimana sesungguhnya usaha tersebut tidak perlu dilakukan untuk mendapatkan sebab-sebab utama permasalahan rumah tangga. Hanya dengan merenungkan firman-Nya semua pembaca Alkitab dapat menarik kesimpulan, bahwa Allah dalam Kemahatahuan-Nya mengetahui seluruh perjalanan umat manusia di dunia ini dari masa ke masa. Dia tahu, bahwa mendekati hari kiamat uang akan menjadi sumber konflik tersendiri  di kalangan masyarakat. Ini terbukti dari porsi nasihat-Nya diseluruh Alkitab yang terdiri dari 66 buku dengan rincian sebagai berikut,

  • Yesus selama pengajaran-Nya menggunakan 39 perumpamaan, dan 16 diantarnya adalah nasihat  menyikapi uang dan harta.
  • Alkitab terdiri dari 4 Injil yakni, Matius, Markus, Lukas dan Yohanes. Satu dari setiap sepuluh ayat dalam Injil berarti jumlahnya 288 ayat merupakan amaran agar berhati-hati rehadap uang dan harta (kekayaan).
  • Ada 500 ayat tentang doa, 500 ayat tentang iman, namun 2300 ayat di Alkitab tentang uang dan harta.

Maka berdasarkan bobot seperti itu, kita dapat mengetahui dengan pasti bahwa Allah yang Maha Tau, dan Maha Pengasih itu merindukan umat-umat-Nya terhindar dari persoalan hidup, karena uang.

Camkan dan renung-renungkan pernyataan di bawah ini,

  • Uang dapat membeli makanan-makanan lezat, tetapi bukan selera makan yang benar. Bila engkau duduk makan dengan seorang pembesar, perhatikanlah baik-baik apa yang ada di depanmu.  Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, bila besar nafsumu!  Jangan ingin akan makanannya yang lezat, itu adalah hidangan yang menipu.  Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkan niatmu ini. Amsal 23:1-3
  • Uang dapat membeli tempat tidur, namun bukan tidur nyenyak. Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman. Mazmur 4:8.
  • Uang dapat membayar biaya rumah sakit bahkan sampai miliyaran rupiah, tetapi bukan kesembuhan. Sembuhkanlah aku, ya TUHAN, maka aku akan sembuh; selamatkanlah aku, maka aku akan selamat, sebab Engkaulah kepujianku! Yeremia 17:14.
  • Uang dapat membeli obat-obatan tetapi bukan umur panjang. Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. Keluaran 20:12.
  • Uang dapat membeli rumah elite tetapi bukan rumah tangga bahagia. Tetapi Ia [Yesus] berkata: “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya.” Lukas 11:28.
  • Uang dapat membeli perhiasan, bukan kecantikan. tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah. 1 Petrus 3:4
  • Uang dapat membeli berbagai macam buku, tetapi bukan hikmat. Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian. Amsal 9:10.
  • Uang dapat membeli hiasan salib sekalipun terbuat dari emas atau permata, akan tetapi bukan Juruselamat. Kata-Nya kepada mereka semua: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.” Lukas 9:23
  • Uang dapat membeli bangku—bangku gereja tetapi bukan Sorga. Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukan nya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.” Matius 13:45.

Masih banyak hal yang dapat dibeli dengan uang, namun wujudnya belum tentu diperoleh. Apa yang tidak dapat dibeli dengan uang, Yesus memberikanya dengan Cuma-Cuma!

error: Content is protected !!